Sesi 1 : Sahbidina Nurarini
Impact Social Media terhadap Digital Marketing di Era Pandemi
• Perubahan consumer behavior saat pandemi
Jokowi optimis coronavirus selesai akhir 2020. Yang dilakukan atas info tsb adalah mengamati perilaku konsumen Indonesia dengan 60% lebih proaktif terhadap financial planning, 80% khawatir kena covid-19. Konsumen juga punya stayathome lifestyle, dimana lebih aktif belanja online dan order makanan. Low-trust society, constant-fear. Social interaction pindah ke online banyak bgt ke WA, IG, dan FB. Mungkin IG krn banyak konten yang menghibur. Lebih empati dan solidaritas, serta religius.
How to respond?
Stay communicate dengan baik dan intense, tunjukkin aksi dan responsibility terhadap community dan karyawan. Memberi layanan lebih utk pembelian hp krn toko offline terpaksa tutup dgn Layanan Antar ke Rumah dgn produk didisinfektan berkala dan pengantarnya juga dipastikan sehat. Perubahan media consumption, orang di rumah awalnya produktif lama" bosan jadi harus support dan beri konten informatif edukatif dgn undang fotografer, dokter dll di ig live. Pastikan semua konsumen ttp dpt informasi dan entertained while staying at home.
• How to deal with the crisis?
Tourism and hospitality banyak kasih promo dan voucher tapi diredeem saat kondisi normal. Orang lebih suka sedia frozen food yang tinggal angetin. Beberapa sektor perekonomian memang turun tapi harus pinter-pinter cepet pivoting biar tetap ideal di kondisi pandemi.
Be authentic — Apapun jenis industrinya harus otentik sehingga orang ketika tahu merk A tahu value point nya dibanding merk B.
Proactive to consumer — Kasih konten segar, cari kebutuhan mereka krn perubahan sgt significant.
Train CS team.
Set realistic expectations — Saat pandemi proses packing itu lebih lama, jadi dikasih tahu dr awal konsekuensinya.
Digital marketing terus berinovasi menyesuaikan teknologi dan kebutuhan konsumen.
Suka : kalo mencintai yang dilakukan, duka paling karena capek. Tapi karena banyak experience-nya jadi banyak pelajaran. Sekarang dari social media bisa tahu langsung impact-nya. Dulu twitter text based, skrg image bahkan video based. Di sosial media cepet-cepet banget ga bisa punya waktu untuk kelamaan revisi.
Kunci konten to stay relevant. Seunik apapun ide kalo ga relevan ke konsumen ga bakal laku. Harus riset target audiens dulu dan cari tahu apa yg dibutuhkan.
Pandemi atau engga pasti bersaing. Tips during pandemi ya selalu tetap relevandengan customer nya karena tiap brand punya jenis customer yang berbeda. Ada yang pengen beli smartphone tapi takut ke toko makanya ada layanan antar ke rumah.
Objektif penggunaan influencer ga selalu langsung mendongkrak penjualan. Ada namanya affiliate marketing dan KOL (Key Opinion Leader). Masing-masing influencer punya kategori, ada yang untuk meningkatkan image branding, ada yang kalo jualan jago untuk jadi affiliate marketing. Jangan sampe salah influencer tergantung goalnya.
Sesi 2 : Maudy Ayunda
Critical Thinking
Saat ini kita sangat terekspos dan mudah sekali untuk terbuka wawasannya dan hal itu bisa tahu bahwa perspektif kita tidak selalu benar. Connectedness bisa membuat kita memiliki pandangan yang lebih beragam. Perspektif itu pedoman bagi kehidupan.
• Cara melatih critical thinking
Sangat mendorong diri untuk absorb informasi dan perspektif dengan baca buku, ngobrol sama banyak orang, nonton video online. Ga cuma sekadar mengonsumsi informasi tapi harus beragam. Maudy waktu S1 tiap ada tugas harus baca buku 6 dibuat esai dan keenamnya punya perspektif yang beragam. Jadi terpaksa mikir mana yang paling make sense dan memiliki argumen lebih kuat. Kalo terbiasa mengonsumsi informasi yang berbeda dan berkonflik, kepala kita jadi diasah, dan pemikiran kritis akan mulai keluar. Yuk keluar dari comfort zone utk bergaul dengan temen-temen dari dunia dan background berbeda agar lebih banyak perspektifnya.
Sangat mendorong diri untuk absorb informasi dan perspektif dengan baca buku, ngobrol sama banyak orang, nonton video online. Ga cuma sekadar mengonsumsi informasi tapi harus beragam. Maudy waktu S1 tiap ada tugas harus baca buku 6 dibuat esai dan keenamnya punya perspektif yang beragam. Jadi terpaksa mikir mana yang paling make sense dan memiliki argumen lebih kuat. Kalo terbiasa mengonsumsi informasi yang berbeda dan berkonflik, kepala kita jadi diasah, dan pemikiran kritis akan mulai keluar. Yuk keluar dari comfort zone utk bergaul dengan temen-temen dari dunia dan background berbeda agar lebih banyak perspektifnya.
• Cara mem-balance antara 2 minat yang berbeda
Planning dan buat concrete steps untuk menentukan prioritas fokus. Breakdown segalanya lalu susun rencana dengan baik.
Planning dan buat concrete steps untuk menentukan prioritas fokus. Breakdown segalanya lalu susun rencana dengan baik.
• Cara mengatasi minder
Kalo minderan, cobain segala hal jadi tahu mana yang disukai, dalami dan kuasai hal itu. Dengan merasa bisa atas hal tersebut, minder ga ada lagi.
• Quarter-life crisis
Kalo minderan, cobain segala hal jadi tahu mana yang disukai, dalami dan kuasai hal itu. Dengan merasa bisa atas hal tersebut, minder ga ada lagi.
• Quarter-life crisis
Krisis identitas itu menjadi sesuatu yang masih dipikirkan Maudy. Sangat bingung mau tetap di dunia hiburan, atau masuk ke dunia pendidikan dan gimana caranya berkontribusi ke masyarakat. Gimana caranya kita bisa, tumbuh, dan belajar. Apapun peranku di masyarakat nanti mungkin akan muncul dengan sendirinya. It's okay. Sometimes not everybody knows. Selama konsisten menekuni passion dan meraih goal, keep going.
• Mengatasi kalo stuck/buntu/down
Dunia bukan tentang achievement tapi tentang menjadi lebih baik. Kalo kegagalan membuat kita lebih baik, it's a good thing. Saat ga bisa dapat satu hal diarahkan Tuhan dan semesta ke jalan yang lebih baik. Pandang interpretasi terhadap failure secara berbeda.
Dunia bukan tentang achievement tapi tentang menjadi lebih baik. Kalo kegagalan membuat kita lebih baik, it's a good thing. Saat ga bisa dapat satu hal diarahkan Tuhan dan semesta ke jalan yang lebih baik. Pandang interpretasi terhadap failure secara berbeda.
• Cara berkembang
Lingkungan terbaik adalah lingkungan dimana kita merasa tidak nyaman, terintimidasi, kurikulum beda, cara interaksi beda, temen beda sehingga harus beradaptasi. Dari proses struggling dan ingin beradaptasi membuat kita lebih kreatif dan kritis. Diverse and contrast opinion mendorong kita reflecting. Itu bukan proses yang nyaman. Kita harus mau/willing di sekitar orang yang ga selalu setuju sama kita agar kita grow. Bisa jadi kita selalu memiliki mindset yang kita anggap benar tapi ga pernah questioning itu make sense ga bener ga. Sadarlah bahwa kita dan setiap orang ga benar-benar tahu segalanya.
Yang bikin asyik :
• Ada countdown
• Ada opening pake video
• Nanyain peserta paling jauh dari mana
• Nge trigger peserta untuk komen dengan pertanyaan-pertanyaan yang memancing, misal "Yuk kita sapa dulu, say hi dong"
• Sambil santuy nge jelasin ulang ini acara apa, peraturannya apa aja
Yang bikin asyik :
• Ada countdown
• Ada opening pake video
• Nanyain peserta paling jauh dari mana
• Nge trigger peserta untuk komen dengan pertanyaan-pertanyaan yang memancing, misal "Yuk kita sapa dulu, say hi dong"
• Sambil santuy nge jelasin ulang ini acara apa, peraturannya apa aja
0 comments