Dari awal teasernya keluar, aku udah langsung jatuh cinta sama filmnya. Tapi gara-gara tayangnya di Netflix yang mahal dan aku paling ogah nonton ilegal, yaudahlah ditahan-tahanin dulu hehe sampe akhirnya keimpulsifan beberapa hari lalu aku akhirnya subscribe dan yey bisa nonton!
Warna tema pink biru yang unyu, cinematography yang oke, dekorasi latar yang cantik, juga HiVi yang menjadi salah satu artist OST-nya. Kamarnya Acha yang serba pink juga kamar idamanku bangett tapi belum kesampaian hehe pengen suatu saat bisa buatin kamar seindah itu buat anakku di masa depan hahaha (jadi mikir, wah harus kerja keras nih biar bisa mewujudkannya). Dan yang paling penting, ceritanya seputar kisah cinta anak olimpiade hihi. Entah kenapa, sejak SMP, kisah cinta di antara anak-anak yang pintar tuh selalu sukses memotivasiku. Aku sampe lupa udah baca berapa banyak novel teenlit dan fanfiction dengan tema itu. Bahkan salah satu webtoon favoritku juga punya tema itu, judulnya 304th Study Room.
Walaupun harus kuakui, ceritanya ya klise banget sih, gitu-gitu doang, dan sangat mudah ditebak hehehe. Awalnya benci jadi cinta. Tapi entah kenapa ya, film tipe kayak gini tu selalu sukses bikin aku ngerasa fresh lagi. Soalnya tuh, film tipe kayak gini ya emang buat ditonton sambil santai aja, buat ketawa-ketawa receh, buat berkhayal seandainya ada dunia seindah itu, di mana masalah paling berat tu cuma tentang percintaan. Bukan ditonton buat mikir berat tentang rahasia dan plot twist yang mungkin terjadi.
Ya emang kesannya buang-buang waktu doang ya karena ga dapet apa-apa. Tapi aku ngerasanya tetep dapet sesuatu, yaitu motivasi untuk bersemangat kayak Acha yang ga mudah patah semangat meraih apa yang ia sukai. Yang ga mudah sedih dan mencoba cara lain kalo usahanya masih gagal dan ditolak terus. Yang selalu positive thinking melihat sisi baik dari setiap hal. Yang otaknya encer walaupun keliatannya kayak pelajar normal yang biasa aja. Pengen gitu jugaa😭
Tapi yang aku masih ga ngerti, kenapa walaupun otak Acha encer banget tapi kok soal cinta dia kayak 180° banget. Kek seolah dia bebal banget dan menolak memahami dengan baik kalo cintanya tuh terlalu kekanakan dan ga realistis hehe (sorry). Kayak kok Acha pede banget gitu bisa menangin hatinya Iqbal (aduu kenapa harus Iqbal sih namanya). Sulit untuk mempercayai ada orang yang segitunya kayak Acha. Acha sebodoamat itu dan seolah menutup mata, menolak memahami kalau awalnya Iqbal bener-bener ga tertarik sama Acha. Tapi Acha segitu pedenya kalo bisa jadi air yang melubangi hati batunya Iqbal selama Acha ga menghentikan usahanya untuk terus menetesi. Untungnya sih sifat pantang menyerahnya itu keknya ga cuma berlaku untuk urusan cinta, tapi juga studinya hehe karena emang sepinter itu si Acha, bahkan dibandingkan si Iqbal sendiri.
Dan tentu saja kisah mereka berdua berakhir dengan bahagia. Bahkan Iqbal jadi berani menyampaikan dengan terus terang kepada ayahnya kalau dia sebenernya ga minat di sains dan stress, ga enjoy selama persiapan olimpiade. Ayahnya pun akhirnya mengerti dan ternyata selama ini begitu semata-mata karena ingin memberikan jalan hidup yang baik bagi anaknya, menurut kacamatanya, karena beliau telah menjadi single parent.
🪐🪐🪐
Nonton Mariposa jadi nostalgia masa-masa saat aku yang juga pernah jadi anak olimpiade—tapi cupu.
Masa SD
Awalnya waktu SD kelas 4 atau 5, karena ranking 1 ya mau ga mau didaftarkan guru buat mewakili sekolah di bidang matematika. Waktu SD bisa dibilang aku sangat percaya diri dengan kemampuanku di mata pelajaran matematika. Rasanya mudah sekali karena hanya seperti mengolah angka dengan rumus yang itu-itu saja hehe (sombong amat). Tapi begitu aku coba latihan soal olimpiade, beuuh beda banget. Next level banget lah. Ini anak SD udah harus belajar materi SMP. Mana soalnya ada yang bahasa Inggris juga lagi. Aduh puyeng lah waktu itu belajar bareng ibu tiap malam.
Alhamdulillah di tingkat kecamatan lolos. Tapi waktu di tingkat kota, gagal tentu saja :)
Seingetku, aku ga terlalu dibina sama guru SD-ku selama persiapan olimpiade. Belajar ya belajar sendiri. Pinjem buku latihan soal dari perpustakaan. Tapi aku ga menyalahkan guruku juga kok. Soalnya SD-ku adalah SD negeri biasa yang bahkan ga punya kegiatan ekstrakurikuler seperti SD favorit lain. Jadi mungkin ya bahkan memang ga berharap punya siswa yang bisa lolos kompetisi seperti itu. Bisa berpartisipasi saja sudah alhamdulillah mungkin... Tapi keberadaan guru-guru yang bersedia mengajar di SD tersebut saja sudah keren kan? Salut sama beliau-beliau ini!
Nah, waktu di tingkat kota, aku kaget banget dong kok SD lain pada dianterin sama gurunya, ada yang dianter pakai mobil sekolah lagi, bahkan sekolahnya menyediakan sendiri konsumsi dan snack. Sementara aku, diantar sama ibu pakai motor dan ditinggal lagi, ga ditungguin! Ga dapet snack dari sekolah juga.
Mana mukanya tuh tipe-tipe anak Chinese yang jenius gitu. Masih inget banget aku 'terintimidasi' sama anak SD Kalam Kudus. Masih inget juga, kalau dari berlembar-lembar soal kayanya aku cuma bisa kerjain 1-3 soal. Itu aku kayanya sambil nangis dah. Pulang-pulang ya makin jadi nangisnya. Bingung dan ga ngerti, kenapa kok anak lain bisa setenang dan sebanyak itu kerjain soal-soalnya. Impian yang sudah terlanjur membumbung tinggi untuk lolos tingkat nasional biar bisa jalan-jalan gratis pun pupus seketika.
Di titik itulah aku merasakan bahwa aku masih jadi jagoan kandang. Paling pinter di sekolah sendiri tapi ternyata sama sekali tak berdaya kalau ditandingkan sama sekolah lain.
Masa SMP
Beranjak SMP, saat dapat info seleksi masuk tim olimpiade sekolah aku udah memantapkan diri untuk ga daftar dari awal. Kenapa? Karena udah minder duluan lihat saingannya. Dari masa orientasi, aku udah dibuat down waktu tahu latar belakang dan asal sekolah temen-temenku. Mereka ke sekolah banyak yang dianter pakai mobil dan dari SD favorit di Jogja. Pokoknya auranya tuh beda aja gitu, glowing and smart. Beda banget lah sama aku, minder dari awal dah jelas ga bakal lolos.
Tapi eh tapi, di kelas 8, tiba-tiba aja aku ditawari guruku untuk masuk tim olimpiade IPS. Ga pake seleksi, langsung pembinaan. Aku dipilih karena nilai UAS-ku salah satu yang tertinggi seangkatan. Wih ga pake mikir langsung aja aku terima dong hehe. Seneng banget akhirnya bisa masuk kalangan "anak-anak olimpiade". Bisa berangkat pembinaan bareng, ngerasain privilege bisa naik mobil sekolah, dapet makan siang nasi box yang mewah, dapet uang saku. Yaa walaupun bukan di bidang sains yang kece itu. Dan walaupun ga pernah lolos tingkat provinsi wkwk selalu terhenti di babak penyisihan tingkat kota. Sebenernya aku malu karena bikin jelek citra sekolah terfavorit se-Jogja yang ga ada yang lolos di bidang IPS walaupun dah dikasih kuota peserta khusus bisa lebih banyak dari sekolah lain hehe tapi gapapa, yang penting udah usaha dan dapet pengalaman.
Eh kelas 9 suruh lanjut lagi, dong. Bukan cuma ikut yang tingkat SMP, tapi di-push untuk coba seleksi tingkat SMA di bidang Kebumian 😵 Itu aku benar-benar pertama kalinya ngerasain susah bagi waktu. Di satu sisi aku harus belajar buat nyiapin UN, tapi di sisi lain aku juga pengen lolos olimpiade Kebumian biar bisa masuk SMA jalur khusus buat jaga-jaga misal NEM-ku jelek wkwk punya impian buat ngikuti jejak kakel yang akhirnya sampe bisa kuliah ke Korea Selatan beasiswa di bidang yang sejalur dengan Kebumian juga. Itu Bu Evi, guru pembina kami, sampe ngundang Mas Ridwan buat ngajarin kita loh sebelum bentar lagi banget berangkat ke Korea Selatan. Tapi akhirnya aku memutuskan untuk mengorbankan olimpiade, dalam artian aku belajar secukupnya aja, ga yang sampe mati-matian begadang gitu. Karena aku tau, kalo aku kayanya emang ga sanggup kejar materi olimpiade SMA yang materinya lebih berat. Olimpiade SMP aja ga lolos kok halu pengen yang tingkat SMA :) Dan aku gamau ngecewain ibu karena gagal masuk SMA favorit di Jogja.
Masa SMA
Memasuki masa SMA, sebenernya di lubuk hati terdalam aku masih pengen ngejar olimpiade Kebumian lagi. Karena somehow aku sangat menikmati belajar ilmu Kebumian. Soalnya kayak gabungin materi IPA sama IPS gitu dulu ngerasainnya. Dan seru karena belajar struktur batuan, awan, dan fenomena alam. Sampe matkul pilihan IPS yang aku ambil waktu kelas X tu ya Geografi loh, walaupun sekelas cuma 3 orang yang pilih.
Tapi, saat SMA ayahku semakin menunjukkan kekurangsukaannya dengan konsep kompetisi ala olimpiade. Menurut ayahku, apa gunanya sih belajar latihan soal-soal terus menerus yang tujuannya ya cuma buat jago kerjain soal? Kek kurang bermakna gitu lho menurut beliau tujuan belajarnya. Terus karena aku anak yang penurut, yaudah deh aku ga daftar seleksi kelas khusus OSN, padahal sebenernya pengen😭
Nah, di pertengahan kelas, lagi-lagi kesempatan itu sebenernya menghampiri. Mungkin karena nilai dan keantusiasanku selama kelas, aku ditawari ikut kelas pembinaan bareng anak-anak kelas khusus OSN. Ditawari ikut pelatihan untuk bidang Geografi. Tapi sayangnya, saat itu aku sudah berkomitmen untuk fokus pada amanah di ekstrakurikuler majalah sekolah yang sangat banyak menyita waktuku. Belum lagi jadwal pembinaannya tabrakan sama latihan rutin ekstrakurikuler. Waktu menyampaikan ke guruku, Bu Damar, hatiku sungguh merasa sangat tercabik rasanya. Pengen, eh kesempatan datang tanpa disangka, tapi kondisinya tidak mendukung karena harus berkorban salah satu. Dan akhirnya, bye olimpiade world. Dah gabisa lagi aku sama kamu :'(
Masa Kuliah
Pas kuliah ini lucu. Jadi ternyata di kuliahan masih ada olimpiade buat mahasiswa. Wah rasanya kagum deh bisa liat pengajar-pengajarku waktu di BAT namanya terdaftar mewakili UGM. Bahkan ada kating di ilmu komputer 17 yang lolos sampe internasional👏🏻
Nah, jadi temenku si Widad itu juga kepengen ikut karena waktu SMA juga anak olimpiade matematika apa ya. Nah kalo ga salah inget, waktu dia ikut pembinaan, pernah suatu saat aku pas gabut kan jadi iseng ikutan masuk wkwk. Itu random banget sih haha
🪐🪐🪐
Ya, itulah kisahku dan pengalamanku saat masa-masa jadi anak olimpiade yang kayak Mariposa, usahanya terkejar tapi juaranya tak tergapai. Makasih udah baca! Semoga hari-hari kalian bahagia dan penuh berkah aamiin🤲🏻
0 comments